Parade Tausiah Meriahkan Milad I Masjid Raya Al Jabbar

Parade tausiah  atau ceramah memeriahkan peringatan satu tahun atau Milad I Masjid Raya Al Jabbar pada Sabtu, 30 Desember 2023. Mengusung tema “Masjid sebagai Pusat Peradaban”, Milad I Masjid Raya Provinsi Jawa Barat ini dikemas dalam acara bertajuk “Sambara Al Jabbar” yang merupakan akronim dari “Satu Tahun Membersamai Masjid Raya Al Jabbar”.

Rangkaian acara Sambara Al Jabbar dimulai dengan Gerakan Sholat Subuh Berjamaah bersama Syekh Thyazen Alhakimi (Imam Masjid Raya Bandung/Ketua Majelis Taklim Insan Kamil Jawa Barat).

Sejak pukul 07.00 WIB, ribuan jamaah dan tamu undangan yang hadir di ruang utama Masjid Raya Al Jabbar mengikuti parade tausiah atau ceramah.

Penceramah yang menyampaikan tausiahnya adalah Ustadz H. Muhammad Jazir Asp (Ketua Dewan Syura Masjid Jogokariyan Yogyakarta), Dr. KH. Athian Ali M. Da’i, Lc., MA (Ketua Forum Ulama Ummat Indonesia/FUUI), Ustadz Agus Muhajir (Founder Hijrah Institute Indonesia), dilanjutkan Tablig Akbar oleh Ustadzah Oki Setiana Dewi (pendakwah/artis film) dan Ustadz Yayat Ruhiyat (Ketua Rumah Tahfidz Aksara Qur’an Ar-Rasyid Garut).

Selain di dalam masjid, pameran dan bazar meramaikan acara di luar area masjid yang berlangsung hingga malam hari.

Plh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, Dodo Suhendar, dalam sambutannya mengatakan, datang ke Masjid Raya Al Jabbar menjadi pengalaman ibadah yang indah, menikmati lanskap dan wisata religi dalam satu tempat.

“Siapa saja yang pernah datang ke Masjid Raya Al Jabbar akan memiliki kenangan indah. Mari makmurkan dengan syiar Islam yang semakin kokoh seperti Al Jabbar,” tuturnya.

Sejak diresmikan 30 Desember 2023 dan dibuka untuk umum 1 Januari 2023, Masjid Raya Al Jabbar memang tidak pernah sepi pengunjung.

Menurut Wakil Sekretaris DKM Masjid Raya Al Jabbar, Dewi Sartika, jumlah pengunjung atau jamaah Masjid Raya Al Jabbar paling sedikit dalam sehari mencapai lima ribu orang dan terbanyak pernah mencapai 43 ribu orang dalam sehari.

Catatan itu diperoleh karena sebagian besar fasilitas di Masjid Raya Al Jabbar dibangun serba digital. Data pengunjung masjid akan tercatat secara otomatis melalui CCTV di dua jembatan yang menjadi pintu masuk dan keluar area masjid.

“Setahun yang datang lebih dari 4 juta jamaah, terdata melalui CCTV. Namun, saya kira lebih dari itu,” ujar Dewi Sartika dalam sesi talkshow sebagai selingan parade tausiah.

“Ada CCTV yang dapat meng-capture lensa mata pengunjung sehingga bisa langsung menghitung. Kalau dirata-rata 12 ribuan jamaah datang setiap harinya,” ujar Dewi.

Dewi Sartika juga mengungkapkan, ramainya kunjungan didasari sejumlah fasilitas Masjid Raya Al Jabbar yang sudah mulai beroperasi, meski belum secara penuh. Ia menyebutkan taman tematik Nabi di sekitar masjid, jogging track, dan Galeri Rasulullah Saw yang tak pernah sepi dari pengunjung.

Disebutkan, luas kompleks Masjid Raya Al Jabbar sekitar 26 hektar dan luas bangunan masjid 99 x 99 meter sesuai dengan jumlah Asmaul Husna. Di sekitar bangunan masjid ada empat menara dengan ketinggian 99 meter.

Rekaman video parade tausiah Sambara Al Jabbar dapat disimak di Kanal Youtube Masjid Raya Al Jabbar.

Video Tilawah 4 Imam Masjid Raya Al Jabbar pada Sambara Al Jabbar 2023

 

Posted in Info Al Jabbar and tagged , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *